Beranda » Pemkab Lamandau Gelar Festival Babukung 2016

Pemkab Lamandau Gelar Festival Babukung 2016

Ditulis oleh admin, pada 28 Oktober 2016 10:58 WIB


Nanga Bulik – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau menggelar Festival Babukung tahun 2016. Acara tersebut resmi dibuka oleh Bupati Lamandau, Ir. Marukan, M.A.P, Jum,at (28/10) di Halaman Kantor Bupati Lamandau.
Festival yang digelar untuk menumbuhkembangkan seni budaya asli Kabupaten Lamandau ini berlangsung selama tiga hari dari tanggal 28 hingga 30 Oktober 2016 dan kegiatan dilaksanakan di dua tempat yaitu Halaman Kantor Bupati Lamandau dan Bundaran Rusa.

“Saya terharu karena festival tahun ini sungguh sangat meriah karena dapat dihadiri oleh seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Lamandau, termasuk suku-suku yang ada di Kabupaten Lamandau yang datang dari luar daerah Kabupaten Lamandau”, kata Ir. Marukan, M.A.P. Beliau mengatakan, awalnya Festival Babukung hanya berasal dari pemikiran sederhana yaitu bagaimana kita bisa memperkenalkan Kabupaten Lamandau, bagaimana menarik perhatian masyarakat luar untuk datang dan berinvestasi di Kabupaten Lamandau.

“Kesenian Babukung diciptakan tidak hanya sekedar agar kita terhibur tetapi diangkat dari budaya leluhur  kita. Babukung hanya ada di Kabupaten Lamandau, itu membuat festival ini menjadi unggulan kita dibanding daerah lain, kata Ir. Marukan, M.A.P. Kedepan Festival Babukung akan kita kemas berkaitan dengan kelestarian lingkungan dan alam yang ada di Kabupaten Lamandau. Festival Babukung akan menjadi perhatian, tidak hanya oleh  masyarakat Kalimantan tengah dan Indonesia saja tetapi juga masyarakat internasional. Sementara itu Ketua Panitia, FX Perwiragato mengatakan selain untuk menumbuhkembangkan seni budaya asli Kabupaten Lamandau, kegiatan ini digelar juga untuk mendorong kemajuan pembangunan pariwisata, khususnya wisata budaya sehingga mampu menggiatkan dan meningkatkan perekonomian rakyat.

“Budaya tarian Babukung akan menjadi identitas Kabupaten Lamandau sehingga dapat dikenal baik secara nasional maupun internasional”, kata FX Perwiragato. Belau menjelaskan Festival Babukung tahun ini diikuti 880 peserta dan menampilkan 12 macam Bukung, diantaranya Bukung Bamba, Bukung Anjing/Kudu, Bukung Kelelawar, Bukung Kampadi, Bukung Bakaka, Bukung Pangua, Bukung Buaya, Bukung Tinggang, Bukung Rusa/Bajang, Bukung Hundang, Bukung Naga, dan Bukung Bamba. Berbeda dari tahun sebelumnya, untuk memeriahkan acara Festival Babukung juga diselenggarakan pasar rakyat dan hiburan musik di Bundaran Rusa.
Sumber: Humas Kab. Lamandau
comments powered by Disqus.