Beranda » Berita » Kabupaten Lamandau : Peringata

Kabupaten Lamandau : Peringatan Bulan Bakti Karang Taruna Ke-7 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

Ditulis oleh administrator, pada 12 Nopember 2019 14:56 WIB


Nanga Bulik (12/11/2019), Apel Peringatan Bulan Bakti Karang Taruna ke – 7 Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2019 dipusatkan di Kabupaten Lamandau, dengan mengambil tempat di Desa Mekar Mulya, Kecamatan Bulik, Kabupaten Lamandau. Selasa, 12/11/2019 dilaksanakan pada pukul 08.56 WIB.

Dalam Apel pembukaan, acara diawali dengan seni pertunjukan beladiri Pencak Silat, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya serta lagu Mars Karang Taruna oleh seluruh perserta Apel.

Apel dipimpin langsung Bupati Lamandau H. HENDRA LESMANA selaku Pembina Apel, dan secara resmi membuka kegiatan Peringatan Bulan Bakti Karang Taruna ke – 7 Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2019 di Kabupaten Lamandau. Bupati Lamandau, H. HENDRALESMANA  membacakan  sambutan Gubernur Kalimantan Tengah, dalam sambutanya beliau menyampikan, “ Karang Taruna adalah wadah pengembangan generasi muda serta keberadaanya harus mampu menggerakkan, meningkatkan kesejahteraan sosial, mengembangkan kegiatan ekonomi produktif dengan mendayagunakan semua potensi yang ada di lingkungannya.”

Lanjut, sebagai organisasi sosial yang berada pada tingkat Desa atau Kelurahan, Karang Taruna harus mampu menjad iujung tombak dan garda terdepan dalam pembangunan kesejahteraan sosial,sehingga menjadikan Karang Taruna juga memiliki peran strategis dalam berbagai kehidupan yang memerlukan dukungan. Karang Taruna juga harus siap menghadapi tantangan bangsa di era Revolusi Industri 4.0 dan era serba digital.

Peringatan Bulan Bakti Karang Tarunake – 7 Tahun 2019 sendiri mengambil tema “ Dengansemangat Bulan Bakti Karang Taruna, kita mewujudkan semangat gotong–royong danjiwa kesetiakawanan sosial untuk mewujudkan pembangunan di Kabupaten Lamandauyang JUARA menuju Kalimantan Tengah BERKAH ”.

Dikutip dari laporan Ketua Panitia pelaksanaan peringatan Bulan Bakti Karang Taruna ke -7 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2019, Kegiatan dilselengarakan selama 3 Hari, tanggal12 s.d 14 November 2019, dengan Jumlah peserta sebanyak 650 Orang Perserta Karang Taruna Kabupaten/Kota  se-Provinsi Kalimantan Tengah dan diikuti unsur dari TNI, POLRI dan SATPOL-PP. Rangakian kegiatan pada peringatan Bulan Bakti Karang Taruna Ke-7  tahun ini meliputi Kegiatan Seminar UMKM dan Usaha Ekonomi Produktif, Bakti Sosial, Bedah Rumah,Pentas Seni, Sunat Masal, Pasar Rakyat, Kunjungan Wisata, sebagai kegiatan Penutupan dilaksanakan Malam Keakraban (Api Unggun).

Saat ini 8 Kecamatan di Kabupaten Lamandau, sudah terbentuk sebanyak 5 Karang Taruna terdiri dari Karang Taruna Kecamatan Bulik, Kecamatan Sematu Jaya, Kecamatan Menthobi Raya, Kecamatan Bulik Timur dan Kecamatan Delang, serta 3 Kecamatan belum dibentuk dan untuk Karang Taruna Desa, dari 86 Desa sudah terbentuk 76 Karang Taruna, tersebar di 8 Kecamatan, dengan harapan ditahun  2020 sudah dibentuk seluruhnya.

Pada Kesempatan ini, Bupati Lamandau H. HENDRA LESMANA juga menyerahkan bantuan Sosial berupa Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RS-RTHL) untuk 70 Keluarga, Bantuan Keluarga Harapan (PKH) untuk 692 keluarga, Bantuan Saranadan Prasarana, Bantuan Usaha, serta penyerahan penghargaan untuk Karang Taruna Berprestasi Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2019.

Acara Pembukaan dihadiri Bupati Lamandau, Wakil Buapti Lamandau, Ketua Pengadilan Negeri Lamandau, Ketua Kejaksaan Negeri Lamandau, KAPOLRES Lamandau, DANDIM Lamandau, Sekertaris Daerah Kabupaten Lamandau, Kepala OPD Kabupaten Lamandau, Ketua Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah, Peserta Bulan Bhakti Karang Taruna Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2019, serta Tamu Undangan.

comments powered by Disqus.